Take a fresh look at your lifestyle.

6 Tanda Kamu Merasa Insecure Dengan Hubunganmu, Perbaiki Sebelum Kandas

Meski Kamu Percaya Pada Pasanganmu. Ada Sisi Di hatimu Yang Tetap Ragu dan Tidak Yakin Pada Pasangan

Yang Hadir Tak Salalu Menetap
0 82

Baperlagi.com – Perasaan insecure adalah perasaan tidak aman dalam hubungan yang kamu jalin. Rasa tidak aman yang bukan hanya karena ketidak percayaan kepada pasangan, tapi juga melibatkan emosi dan keyakinan dalam diri sendiri.

Contohnya saja, kamu merasa yakin bahwa pasanganmu tidak akan berselingkuh atau meninggalkanmu. Namun, entah bagaimana ada sisi dalam hatimu yang berusaha meyakinkan kamu bahwa kemungkinan buruk itu akan terjadi. Sehingga kamu selalu merasa curiga, was-was dan takut pada masa depan yang belum pasti.

Biasanya perasaan insecure ini muncul karena trauma dari masa lalu. Dimana, kamu pernah dikhianati oleh seseorang, sehingga membuat dirimu merasa tak yakin dalam setiap hubungan yang kamu jalani. Ditambah lagi, perasaan yang selalu menanyakan, “sudahkah kamu mendapatkan seseorang yang tepat” padahal pasanganmu sudah membuktikan diri bahwa dia adalah seseorang yang tepat dan kamupun menyadarinya.

Namun, perasaan insecure itu membuat asumsi buruk selalu memenuhi pikiranmu, sehingga tanpa sadar, kamu memperlukan pasangan kamu dengan buruk pula. Jadi, lebih baik kenalilah ciri-ciri insecure dalam hubungan dan segera atasi masalah tersebut. Khususnya bagi kamu yang punya trauma pada hubungan sebelumnya.

1. Meski Kamu Percaya Pada Pasanganmu. Ada Sisi Di hatimu Yang Tetap Ragu dan Tidak Yakin Pada Pasangan.

Hargai Pasanganmu
Hargai Pasanganmu

Sebenarnya kamu percaya pada pasanganmu. Percaya bahwa dia akan setia dan tidak akan meninggalkan kamu seperti seseorang di masa lalumu. Namun sebanyak apapun kepercayaan itu kamu pupuk. Tetap akan ada perasaan ragu, curiga dan khawatir.

Oleh sebab itu, kamu sering mengantai bahwa menyadap media sosial atau ponsel pasangan, serta mudah cemburu atau tercancam, saat menemukan sesuatu yang sebenarnya sepele. Misal chat pasangan dengan orang lain yang tidak kamu kenal, atau seseorang dari masa lalu kalian berdua.

2. Meski Kamu Sudah Berusaha, Membuka Diri Sepenuhnya Pada Pasangan Adalah Hal Yang Sulit.

Saat Berjodoh Tetap Akan Allah Dekatkan
Saat Berjodoh Tetap Akan Allah Dekatkan

Di mulai dari perasaan selalu curiga dan tak nyaman. Maka kamupun akan sulit untuk membuka diri pada pasanganmu. Ada beberapa hal yang menurutmu tetap menjadi rahasia dirimu sendiri, tanpa perlu pasanganmu ketahui.

Padahal, rahasia itu bisa saja memicu kebohongan dan mempersulit untuk menjadikan hubungan lebih intim. Kalian seperti pasangan yang hidup bersama, namun terpisah oleh dinding tipis yang begitu samar namun jelas menganggu.

3. Mudah Merasa Panik Atau Terlalu Drama Dalam Menyikapi Permasalahan Yang Sepele.

Bila Diabaikan Jangan Minta Penjelasan
Bila Diabaikan Jangan Minta Penjelasan

Hubungan itu pasti ada pertengkaran-pertengkaran atau salah paham kecil. Namun, seharusnya dalam hubungan yang sehat pertengkaran itu justru akan menjadikan hubungan lebih kuat dan kalian lebih saling mengenal satu sama lain.

Namun, untuk seseorang yang mengalami insecurities dalam hubungannya, akan membuat pikirannya menjadi mudah panic. Perasaan takut pasangan akan pergi dan meninggalkan, padahal pertengkaran kalian yang sepele seakan mengakar kuat.

Tentu saja, jika terus dibiarkan pasanganmu juga tidak akan merasa nyaman dengan sikap berlebihan yang kamu tunjukkan saat menghadapi masalah atau pertengkaran.

4. Dalam Pertengkaran, Kamu Tidak Mau Mengalah dan Terkesan Egois.

Mantan terlihat asing dan biasa saja
Mantan terlihat asing dan biasa saja

Mudah sekali emosi dan tersinggung, padahal pasanganmu tidak sedang menyinggung dirimu. Contohnya saja, pasanganmu sedikit komplen pada rasa makanan yang asing. Namun, kamu justru tersulut emosi dan merasa pasanganmu tidak meghargai usahamu.

Pasanganmu sedang mengkritik sesuatu yang sebenarnya masih wajar. Tapi menurutmu dia sedang menyerang atau menyindiri dirimu. Sehingga, kamu merasa selalu salah di mata pasangan. Namun, lebih senang membalasnya, bukannya memperbaiki keadaan.

5. Tidak Ragu Menyerang Balik Pasangan Ketika Kalian Sedang beragumen.

Melepasmu Pergi Membuatku Terluka
Melepasmu Pergi Membuatku Terluka

Sebenarnya dalam hubungan yang sehat dan normal. Cenderung akan saling mengalah, meminta maaf dan saling intropeksi diri, juga berbagaikan kembali.

Tapi, untuk seseorang yang insecure dalam hubungannya. Justru akan menyerang bali pasangannya. Berdebat dan saling melempar kesalahan. Bahkan, menggunakan kata yang menyakitkan, atau mengungkit kembali masalah yang telah selesai di masa lalu.

6. Selalu Merasa Dirimu Salah dan Tidak Menerima Dirimu Apa Adanya.

Menerima Kekuranganmu
Menerima Kekuranganmu

Insecurity dalam hubungan juga akan sangat berpengaruh pada perasaan insecurity pada diri sendiri. Dimana kamu akan merasa dirimu salah, lebih sering menyalahkan dirimu sendiri dan tidak menerima kamu apa adanya dirimu.

Bahkan, untuk mengatasinya, kamu justru bersikap keras pada dirimu sendiri, menentukan standar yang tinggi untuk kamu dan pasanganmu. Padahal itu terlihat tak wajar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.