Take a fresh look at your lifestyle.

4 Tanda Hubunganmu Tidak Akan Berhasil, Perhatikan ya!

Kamu Atau Pasanganmu Suka Memandang Rendah dan Tidak Bisa Menghargai

Tanda Hubunganmu Tidak Akan Berhasil
1 179

Menurut penelitian John Gottman, profesor psikologi dari University of Washington, ada 4 hal berbahaya yang harus dihindari dalam sebuah hubungan. Empat faktor ini berupa sikap atau sifat yang ditunjukkan baik kamu dan pasanganmu dalam hubungan kalian.

Tentu saja, penelitian di atas juga membuktikan bahwa jika kamu atau pasanganmu memiliki empat sifat berbahaya ini dan menerapkannya dalam hubungan. Prediksinya 95 persen hubungan akan gagal dan tidak akan bertahan lama.

1. Kamu Atau Pasanganmu Suka Mengkritik Atau Menyerang Pasangan Secara Personal.

Tanda Hubunganmu Tidak Akan Berhasil
Tanda Hubunganmu Tidak Akan Berhasil

Mungkin saat kamu atau pasanganmu mengkritik satu sama lain. Itu bermaksud untuk membangun atau membimbing pasangan ke arah yang lebih baik.

Tapi kritikan yang langsung menyerang pada personal atau bersikap seolah merendahkan. Justru akan membuat pasangan tersinggung atau salah paham dengan maksudmu. Tentu saja hal ini akan membuat hubungan menjadi tak nyaman.

Misal, kritik yang membangun; “Setelah makan, jangan lupa dicuci piringnya, ya!”

Kritik yang menyerang personal; “Kamu malas sekali sih. Gak pernah diajarin kebersihan apa? Habis makan piring geletakin sembarang. Dasar pemalas!”

2. Tidak Ada Yang Mau Mengalah. Selalu Sibuk Membela Diri.

cinta sejati itu sederhana
cinta sejati itu sederhana

Kamu dan pasanganmu sama-sama keras kepala dan suka bersikap defensif “menyangkal” ketika terjadi pertengkaran atau masalah.

Alih-alih mengalah dan berusaha untuk saling memaklumi kekurangan untuk segera fokus menyelesaikan masalah. Kamu dan pasanganmu justru lebih sibuk saling menyalahkan satu sama lain. Sebenarnya masalah yang sebenarnya sepele, malah jadi besar dan rumit.

3. Kamu Atau Pasanganmu Suka Memandang Rendah dan Tidak Bisa Menghargai

Perasaan superior. Misal suami merasa dirinya kepala rumah tangga sehingga istri harus patuh pada suaminya dalam hal apapun. Hingga terkadang, dirinya tidak menghargai atau selalu memandang rendah pasangan.

Tidak mau membantu dan mengurusi kerepotan pasangan. Selalu menyalahkan pasangan dalam segala hal dan tidak memberi toleransi atau kebebasan pada pasangan untuk berkembang.

Tentu saja, bagi pasangan yang direndahkan harga dirinya. Hubungan itu adalah neraka.

4. Sering Saling Mendiamkan. Hidup Bersama Tapi Seolah Masih Lajang

Dia pasanganmu tapi kamu menganggapnya seperti orang lain. Ketika ada masalah pun, daripada dikomunikasikan dan dicari solusi bersama. Kalian lebih senang mendiamkan dan tidak peduli satu sama lain.

Istilah yang umum dalam hubungan seperti ini adalah Stonewalling, membangun pembatas atau batu diantara kamu dan pasangan.

Penyebabnya, bisa juga karena pasanganmu cuek dan dingin. Kamu sendiri tidak berusaha untuk memperbaiki dan peduli padanya.

Sehingga tidak ada keintiman atau keharmonisan dalam hubungan, yang membuat kamu dan pasanganmu tidak saling membutuhkan satu sama lain. Biasanya dalam hubungan ini, ikatan hanya jadi status dan ada keinginan untuk berpisah suatu hari nanti.

  1. […] 4 Tanda Hubunganmu Tidak Akan Berhasil, Perhatikan ya! […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.