Take a fresh look at your lifestyle.

Sering Merasa Was-Was, Takut dan Tidak Aman Dalam Hubunganmu, Coba Hadapi Dengan  Cara Ini

Lelah memikirkan masalah via instagram.com @gelgasairlangga
0 15

Kamu mudah merasa curiga, khawatir, dan berpraduga yang tidak-tidak dengan pasangan. Sering merasa was-was dan takut baik saat dekat atau jauh darinya. Bisa jadi ada yang tidak baik-baik saja dengan dirimu atau hubunganmu.

Salah satu penyebabnya, bisa jadi kamu gagal membangun keamanan secara emosional dengan pasangan atau pasangan terlalu cuek dengan hal itu. Karena itulah, kamu merasa sulit untuk memberi kepercayaan, mengupgrade diri dan menjadi diri sendiri.

Nah, jika perasaan tidak aman itu kamu rasakan. Coba lakukan 5 cara ini. Terpenting ajaklah pasangan untuk membangun keamanan emosional itu bersama-sama, jika tetap ingin mempertahankan hubungan kalian.

1. Temukan Masalah Yang Membuat Kamu Tidak Merasa Aman

Jika perasaan tidak aman itu sejak awal muncul dalam hubunganmu, kamu pasti tidak akan mau diajak berkomitmen dengan pasangan. Sebab, setiap orang pasti mengutamakan hubungan yang dia yakin, bisa bisa membuatnya merasa aman dan nyaman.

Jadi, coba temukan dulu, apa yang menjadi penyebab perasaan tidak aman itu muncul. Apakah dari dalam dirimu sendiri, misal karena ada trauma masa lalu atau bisa jadi dari pasanganmu. Nah, ketika kamu sudah menemukan masalahnya, kamu baru bisa mencari solusi terbaik selanjutnya.

2. Intropeksi Diri

Ketika sudah menemukan masalah apa yang membuat perasaan tidak aman itu muncul. Selanjutnya cobalah untuk refleksi atau intropeksi diri. Jangan terburu-buru menyalahkan pasangan, karena siapa tau, masalahnya muncul dari dalam dirimu sendiri.

Jika memang, kamu yakin dirimu baik-baik saja, dan masalah memang berasal dari pasanganmu. Misal dari sikapnya yang terlalu cuek atau tidak perhatian. Ada perubahan dalam dirinya yang membuat kamu merasa curiga. Barulah kamu membicarakan baik-baik dengan pasanganmu.

3. Komunikasikan Soal Perasaan Tidak Nyaman dan Aman Itu Dengan Pasangan

Tidak ada cara terbaik menyelesaikan masalah dalam hubungan, selain dengan membicarakannya dengan pasangan. Sebab, dialah yang menjadi tempat terbaik untuk mencurahkan segala rasa sekaligus mencari solusinya bersama.

Jadi saat kalian pillow talk atau deep talk berdua, cobalah komunikasikan perasaan tidak nyaman dan aman yang kamu rasakan akhir-akhir ini. Tunjukkan masalahnya dimana dan buat pasangan lebih mengerti pada kondisimu. Percayalah, pasangan yang baik akan berusaha mengerti kamu dan mengembalikan suasana jadi lebih nyaman lagi. Tapi, jika sebaliknya yang kamu terima. Berarti hubunganmu perlu dievaluasi.

4. Mintalah Pendapat Pada Ahli Atau Orang Yang Tepat

Berbicara dengan pasangan, apalagi pada pasangan yang tidak peka bisa menjadi kesia-siaan belaka. Padahal seharusnya dialah yang membuat hatimu kembali lebih tenang dan nyaman.

Jika memang seperti itu yang terjadi. Cobalah untuk minta pendapat ahli atau seseorang yang kamu rasa tepat sekaligus bisa kamu percaya.

Semoga kamu bisa mendapatkan pencerahan dari rasa tidak aman yang sedang kamu hadapi dan mengambil keputusan yang tepat.

5. Berhenti Untuk Terlalu Memikirkan Pasangan

Ada kalanya perasaan tidak aman itu muncul karena kamu terlalu memikirkan pasanganmu terlalu dalam. Padahal, dia baik-baik saja dan tidak punya masalah apapun. Jadi untuk mengatasinya, cobalah untuk mengontrol perasaan khawatir dan takut itu dengan berhenti berpikir yang tidak-tidak soal pasanganmu.

Coba alihkan perhatian dan buat kesibukan yang menyenangkan. seperti mengupgrade diri, menulis, me time atau menghabiskan waktu dengan teman-teman. Tak lupa untuk tetap menjalankan tugas dan tanggung jawabmu dengan lebih baik dalam hubunganmu. Sehingga kamu bisa jadi lebih bahagia dan tidak tertekan seperti sebelumnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.