Take a fresh look at your lifestyle.

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Hatimu Lelah, Agar Pikiran Tenang

Salah Satunya Adalah Dengan Memperbanyak Istighfar dan Memohon Ampunan Tuhan

Saat Hatimu Lelah
0 70

Baperlagi.com – Saat melakukan suatu pekerjaan, saat kamu sedang berproses untuk menjalani kehidupan dan rutinitas, mengejar mimpi, juga menjadi seseorang yang lebih baik. Sering perasaan lelah, jenuh dan bosan itu menghampiri.

Apalagi, jika ditambah adanya perlakuan yang tidak adil, tidak dihargai atau diremehkan dari seseorang yang berada disekitar kita. Tentulah, rasanya hidup itu semakin menyesakkan dan tidak ada artinya.

Namun, kamu tahu dan menyadari, semua perasaan itu adalah sesuatu yang tidak baik, dan harus segera untuk kamu atasi. Sebab, jika kamu membiarkan perasaan lelah dan jenuh mendominasi pikiran dan hatimu, maka kamu semua yang kamu rencanakan akan berantakan, pekerjaanmu akan morat-marit, bahkan banyak hal buruk lainnya yang mungkin saja menimpamu.

Sehingga, saat hatimu mulai merasa lelah, pikiranmu semrawut, menghadapi rutinitas hidup, dan perasaan tertekan hadir. Segera lakukan 5 hal ini, agar pikiranmu kembali tenang, hatimu lebih lapang dan legowo, juga bisa kembali fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan dan kejar.

1. Memperbanyak Istighfar dan Memohon Ampunan Tuhan

Saat kamu membiarkan hatimu diliiputi oleh perasaan lelah, jenuh dan bosan. Maka, perasaan syukur dalam hatimu pun akan mulai berkurang. Kamu mulai membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain, merasa iri pada kehidupan mereka, bahkan berharap untuk bisa hidup seperti mereka. Kamu melupakan semua kebaikan yang kamu dapat hari ini dan menyepelekannya.

Oleh sebab itu segera beristighfarlah, memohonlah ampunan pada Tuhan, karena secara tak sengaja kamu telah kufur nikmat. Kamu memohon ampunan, sebab kamu lupa bahwa apa yang kamu dapatkan memang yang terbaik untukmu dan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Selain itu, dengan beristighfar, tandanya, kamu tidak membiarkan hatimu untuk terus berandai-andai, untuk terus berpikir dan berpraduga yang tidak-tidak, dan membuatnya lebih tenang

2. Cobalah Dengarkan Ceramah Atau Kajian Yang Menyejukkan Hatimu. Atau Jika Kamu Merasa Mendengarkan Bacaan Al Qur’an sudah cukup Membuat Hatimu Damai, Maka Sering Dengarkanlah

Kedua, saat hatimu merasa lelah, bahkan berujung pada tindakan putus asa. Cobalah sirami kalbumu dengan siraman rohani. Seperti mendengarkan ceramah atau kajian yang menyejukkan dan membangkitkan mood, baik lewat youtube atau pengajian secara langsung.

Justru kurangi mendengarkan music yang akan menguatkan dan membenarkan betapa lelahnya hidup itu. Sebab bukannya bangkit, kamu malah terjebak untuk menikmatinya dan berandai-andai di dalamnya.

Jika ceramah tak cukup, coba getarkan pula kalbumu, dengan rajin mendengar bacaan Al-Qur’an atau membacanya sambil menghayati maknanya setiap saat dan waktu. Bahkan, untuk pengalaman admin sendiri, saat merasa lelah, suka sekali membuka Al’Quran secara acak, dan mengambil bacaan pertama sebagai petunjuk dan hebatnya selalu merasa lebih tenang setelah membacanya dan memahami makna di dalamnya.

3. Curhat pada Orang Yang Lebih Bijak Atau Teman Yang Benar-Benar Kamu Percayai Atau Tenaga Professional

Tidak masalah kok, jika kamu ingin curhat masalahmu, atau betapa lelahnya dirimu pada seseorang. Namun, masalahnya adalah jangan curhat pada sembarang orang. Apalagi, jika main mengeluarkan uneg-uneg pada sembarang orang di sekitarmu.

Cukup curhatkan masalahmu pada salah seseorang yang paling bisa kamu percayai dan yakin mau menjaga rahasiamu. Atau kamu bisa pergi pada seseorang yang menurutmu bijak dan berilmu, yang bisa memberikan saran-saran agar hatimu menjadi lebih tenang kembali.

Selain itu pula, dijaman sekarang ini, juga ada banyak tenaga medis yang juga bisa membantu mengatasi masalah kejiwaan yang sedang kamu hadapi. Jangan selalu skeptic dengan berpikir bahwa pergi psikolog berarti kamu sedang gila. Kamu hanya butuh bantuan dan support dari dalam untuk kembali menenangkan dirimu, dan fokus pada kehidupanmu.

4. Lebih Mendekatkan Diri Pada Allah

Saat kamu merasa lelah, pulang bekerja coba mampir dulu ke masjid yang berada di sekitarmu. Dinginkan kepalamu sambil merenungi semua hal yang kamu lewati. Selain itu, kamupun juga bisa mengeluh kesahkan semua permasalahan atau apapun yang membuat hatimu tak tenang dalam doa dan sepertiga malammu. Jangan ragu untuk meminta kemudahan, diangkat semua beban yang menumpuk dan meminta petunjuk dari setiap masalah yang sedang kamu hadapi.

5. Rekreasi Atau Mengunjungi Tempat Yang Membuatmu Kembali Bersemangat. Sembari Merenungi Tujuan Hidupmu dan Alasan Kamu Harus Terus Berjuang

Kamu butuh menjernihkan pikiran, dan meluangkan dirimu pada hal-hal baru yang menyenangkan dan menyegarkan. Maka, saat ada kesempatan, tak masalah untuk pergi berlibur atau mengunjungi tempat-tempat yang membuat hati dan mata lebih terbuka lebar.

Tapi, akan lebih afdhol lagi, jika disana kamu tidak hanya berlibur, namun kembali merenungi diri, tujuan hidup dan alasan kamu harus terus berjuang. Saat kamu sudah menemukan jawabannya, maka kamupun siap untuk kembali melangkah, lebih tenang dan yakin pada apa yang kamu kerjakan, lalu fokus meraih mimpi-mimpimu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.