Take a fresh look at your lifestyle.

PCR Test Jakarta Semakin Mudah dan Murah, Begini Caranya!

PCR tidak dapat dilakukan di semua laboratorium, hanya yang telah ditunjuk oleh pemerintah saja.

Test Pcr Virus Corona via pexels.com
0 150

Beberapa waktu lalu, sempat ramai di media sosial tentang pengalaman tes corona yang memakan biaya Rp700.000. Menurut dokter, sebenarnya itu bukanlah tes corona. Kadang pengguna layanan ini melakukan tes untuk mendapatkan surat sehat atas inisiatif sendiri atau perusahaan. Padahal tes yang dilakukan tidak seperti PCR test Jakarta.

Pemeriksaan tersebut mencakup periksa suhu tubuh, berat badan, cek darah, tensi, dan rontgen paru-paru. Setelah itu, surat keterangan sehat akan dikeluarkan. Dikutip dari Detik.com, dokter penyakit dalam dr Dirga Sakti Rambe, SpPD menyatakan bahwa tes tersebut ialah cek kesehatan biasa, bukan tes corona.

Untuk mengetes corona, perlu dilakukan PCR test di laboratorium. PCR test dilakukan dengan cara memeriksa sampel usapan lendir dari tenggorokan atau hidung. Dalam sampel, keberadaan virus corona dapat dideteksi karena mempunyai material genetik RNA yang dapat diamplifikasi dengan RT-PCR.

PCR tidak dapat dilakukan di semua laboratorium, hanya yang telah ditunjuk oleh pemerintah saja. Secara garis besar, prosedur tes PCR ini dilakukan dengan beberapa langkah yaitu:

  1. Pengambilan sampel lendir dari saluran pernapasan dengan cara mengusap tenggorokan melalui hidung dan mulut.
  2. Sampel dibawa ke laboratorium di dalam tabung atau botol steril untuk diuji. Kondisi sampel harus tetap dingin dan tidak boleh dikirim dalam waktu melebihi 72 jam agar hasilnya tetap valid.
  3. Setelah sampai di laboratorium, sampel diuji dengan prosedur RT-PCR untuk diteliti apakah terdapat jejak genetik virus corona atau tidak. Jika terindikasi adanya virus, maka akan dilakukan cek ulang oleh petugas agar hasilnya benar-benar valid.

Dalam waktu kurang dari 24 jam, hasil tes corona dengan RT-PCR sudah bisa didapatkan.

Di Jakarta terdapat beberapa rumah sakit yang menyediakan rapid test sepaket dengan pemeriksaan kesehatan lain dengan biaya bervariasi mulai Rp200.000 sampai Rp3.000.000. Sedangkan untuk PCR test, biaya yang dikenakan lebih mahal, seperti di Rumah Sakit Antam Medika, biayanya ialah Rp2.200.000.

Cara Menggunakan Layanan PCR Test Melalui Halodoc

Dalam membantu menekan persebaran Covid-19, pemerintah menunjuk Halodoc untuk membuka akses pendaftaran tes bagi masyarakat melalui aplikasi. Untuk menjalankan layanan tersebut, Halodoc menyediakan rapid test dan PCR test bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit seperti Rumah Sakit Mitra Keluarga, RS Mayapada, Rumah Sakit St. Carolus, dan RS Primaya.

Layanan dari Halodoc tersebut sudah dapat dipesan mulai 20 April 2020. Untuk mengakses layanan kesehatan, Anda hanya perlu membuat janji secara online melalui aplikasi Halodoc versi terbaru di PlayStore ataupun AppStore.

Setelah itu, masuk ke menu Covid-19 Test pada halaman awal aplikasi. Setelah itu, Anda tinggal memilih rumah sakit dan waktu pelaksanaan test serta paket layanan yang diinginkan. Selanjutnya, Anda diminta melengkapi persyaratan dengan mengunggah foto kartu identitas kemudian melakukan proses pembayaran. Anda akan mendapat bukti pembayaran dari aplikasi dan SMS yang nantinya perlu ditunjukkan kepada petugas pendaftaran di lokasi tes.

Apabila sudah menjalani tes dan hasilnya reaktif atau positif, dokter akan mengevaluasi dan memberikan rekomendasi apakah dirawat di rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri.

Nah, jika Anda khawatir memiliki risiko terkena Covid-19, sebelum rapid test atau PCR test juga dapat melakukan tes online menggunakan aplikasi atau situs resmi Halodoc. Setelah menjawab beberapa pertanyaan, Anda dapat mengetahui apakah berisiko rendah, sedang, atau tinggi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page