Take a fresh look at your lifestyle.

8 Fakta Bahwa Hubunganmu Tak Pantas Diperjuangkan, Lebih Baik Akhiri

Pasangan Yang Mudah Mencela, Menyalahkan Dan Tidak Bisa Menghargai Kamu.

Tanda hubungan harus di akhiri via instagram.com @wedday_photography
1 526

Toxic relationship adalah suatu hubungan yang dijalin oleh pasangan, namun tidak benar baik baik saja atau tidak sehat untuk dilanjutkan. Justru toxic relationship akan berakibat buruk pada salah satu pasangan atau mungkin keduanya sekaligus. Karena hubungan ini bersifat “racun” yang berpotensi merusak diri sendiri dan pasanganmu nantinya.

Sehingga lebih baik kenali toxic relationship dan pastikan bahwa hubunganmu baik baik saja dan pantas untuk diperjuangkan. Atau ternyata harus kamu tinggalkan karena akan berakibat buruk bagimu atau pasanganmu.

1. Pasangan Yang Mudah Mencela, Menyalahkan Dan Tidak Bisa Menghargai Kamu.

Pasangan toxic ini mudah mencela, menyalahkan bahkan tidak menghargai pasangan untuk membuat kontrol pada harga dirinya terjaga. Dia tidak mau pasangannya menentang apa yang diinginkannya sehingga dia senang menjatuhkan mental pasangannya dengan mengolok olok baik pribadi atau di muka umum. Dia selalu merasa apapun yang dilakukan pasangannya tidak ada artinya dan tidak jauh lebih baik dari apa yang dikerjakannya.

2. Pasangan Yang Punya Temperamen Buruk. Bahayanya Temperamen Buruk Itu Tak Terlihat di Hadapan Orang Lain, Namun Begitu Jelas Denganmu.

Jika pasanganmu berpenampilan begitu baik, ramah, lemah lembut dan berkata yang menyenangkan hati di depan orang lain, tapi justru di hadapanmu sebaliknya, maka sudah pasti itu hubungan yang toxic untukmu. Ingat! hubungan itu dibangun dan dirasakan berdua, sehingga kebahagiaan bersama dalam hubungan tentunya yang paling penting, bukan justru ingin mendapatkan pujian dari orang lain yang diutamakan.

Pasanganmu adalah orang yang akan menemanimu dirimu selama sisa umurmu. Dan sungguh betapa cemburu dan menderitanya saat dia justru bersikap baik pada orang lain tapi berlaku buruk hingga menyakitimu terus menerus.

3. Pasangan yang berperan Sebagai Guilt Inducer, suka mendorong rasa bersalah baik dengan cara yang halus namun menyakitkan

Pernah tidak dalam suatu hubungan kamu merasa bahwa selalu kamu yang salah, bahkan meskipun pasanganmu tidak secara langsung menempatkanmu sebagai pihak yang salah. Tapi setiap perbuatan, perkataan dan tindak tanduknya seakan mendorong dan menstimilus otakmu untuk merasa bersalah. Juga berpikir bahwa semua masalah dimulai dari dirimu.

Tentu saja, pasangan toxic seperti ini seperti bom waktu yang akan membuatmu cepat putus asa dan mengubur dalam dalam impian serta kemampuanmu. Selain itu kamu akan takut untuk mengambil pilihan dan memutuskan sesuatu dalam hubungan karena takut merasa salah.

4. Pasangan Bertindak Deflektor, Tidak Ada Yang Benar Dalam Dirimu, Yang Ada Kamu Selalu Salah Dan Salah

Berbeda dengan Guilt Inducer yang mendorong pada rasa bersalah dengan cara perlahan dan lebih halus. maka Deflektor adalah pasangan yang benar benar keras dan punya ego yang begitu tinggi, sehingga sama sekali tidak mau disalahkan. Mereka akan selalu berupaya untuk mencari celah dari setiap kesalahanmu, yang pastinya akan membuat mentalmu semakin down.

Bahkan meskipun saat pertengkaran bukan kamu yang salah atau memulainya terlebih dahulu, namun, pasanganmu selalu bisa memojokkanmu dan membalikkan keadaan sehingga lagi lagi kamu yang salah.

5. Pasangan Yang Suka Memanfaatkan Pasangan. Dia Sebagai User Yang Tidak Peduli Pada Pasangan Selama Dia Merasa Nyaman Sendiri Atas Hidupnya

Jika ada pasangan yang sebegitu mudahnya menyia nyiakan perjuanganmu, bahkan seperti tidak peduli atas segala usahamu, tapi ikut menikmati dan nyaman diatasnya. Maka fix! dia adalah user, pasangan toxic yang menjalin hubungan denganmu hanya untuk memanfaatkan kamu semata.

Selama dia nyaman dan diberikan apa yang dia inginkan dan butuhkan darimu, maka dia akan bersamamu. Namun saat dia sudah tak lagi membutuhkanmu, maka mudah pula untuknya pergi meninggalkanmu.

6. Pasangan Yang Terlalu Mengontrol Hidupmu, Sehingga Tidak Ada Celah Untukmu Mengembangkan Diri Sesuai Keinginanmu

Ciri lainnya pasangan toxic adalah dia merasa mempunyai kontrol untuk mengatur dan membuat hidupmu seperti apa yang dia mau. Sehingga kamu tidak punya kesempatan untuk menjadi dirimu sendiri dan merasa seperti boneka baginya. Parahnya jika pasanganpun mulai diktator dalam hubungan kalian.

7. Pasangan Yang Terlalu Penurut, Bahkan Cenderung Cuek Pada Setiap Keputusan Dalam Hubungan.

Memiliki pasangan yang penurut tentu saja menyenangkan. Karena kita merasa dia mudah diatur, namun terlalu penurut nyatanya juga bisa membuat hubungan tak baik baik saja. Pasanganmu seakan memberikan semua keputusan padamu dan bersikap cuek, Parahnya diapun juga menuruti keinginanmu meskipun itu hal yang salah sekalipun.

8. Pasangan Yang Terlalu Posesif, Hingga Tanpa Sadar Terlalu Mengikat Dirimu Dengan Alasan Cinta

Cemburu asal wajar tentu merupakan suatu anugerah. Namun kecemburuan berlebihan hingga terlalu posesif, malah akan membuatmu terkekang dan tak lagi merasakan nikmat dalam hubungan. Justru lama lama posesif bisa merujuk pada pasangan yang ingin sepenuhnya mengontrol hidupmu hingga diktator.

****
Jadi lebih baik mulailah mengenali pasanganmu. Apakah hubungan yang kamu jalin sehat dan patut untuk diperjuangkan. Atau terpaksa harus ditinggalkan, karena bisa jadi akan merusak dirimu sendiri atau padanganmu di masa depan.

  1. […] 8 Fakta Bahwa Hubunganmu Tak Pantas Diperjuangkan, Lebih Baik Akhiri […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page