Take a fresh look at your lifestyle.

5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mempertahankan Persahabatan

Usahakan Tetap Saling Kirim Kabar Meski Hanya Lewat Chat Atau Sosial Media, Hingga Membuat Grup Bersama

Apapun yang Kamu Perjuangkan Allah Beri Kelancaran
0 23

Semakin bertambah dewasa dan usia, semakin bertambah pula kesibukan, beban dan tanggung jawab yang harus kamu pikul serta kerjakan. Tak jarang, semua hal itu, membuatmu sulit untuk jalan bersama sahabatmu lagi hingga sekedar berkomunikasi dengan mereka.

Namun, bertambah usia dan kesibukan, tak berarti kamu harus kehilangan atau mengorbankan hubungan pertemananmu. Tetap ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan persahabatan yang selama ini terjalin dengan sahabat-sahabatmu meski kalian punya kesibukan masing-masing.

Apalagi, kamu tahu bahwa punya sahabat dan teman yang baik dan selalu mendukungmu, adalah salah satu rezeki Tuhan yang tidak boleh kamu lewatkan

1. Usahakan Tetap Saling Kirim Kabar Meski Hanya Lewat Chat Atau Sosial Media, Hingga Membuat Grup Bersama

Beruntunglah bagi kamu yang hidup di jaman seperti sekarang. Dengan akses teknologi dan internet yang semakin canggih, kamu bisa menghubungi siapapun dengan lebih mudah juga tidak terbatas ruang dan waktu. Jadi, meski kamu begitu sibuk dengan keluarga, pekerjaan, pasangan ataupun hal lainnya di sekitarmu. Kamu tetap punya kesempatan untuk tetap berhubungan dengan sahabat-sahabatmu lewat sosial media atau chat.

Ditambah lagi, layanan pendukung seperti layanan grub bersama, bisa kamu buat sebagai ajang untuk menjalin sillaturrahmi dengan teman-temanmu. Berbagi info terupdate, berbagi resep dan tips yang semua orang perlukan.

Sehingga, salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk tetap mempererat hubungan persahabatan adalah tetap saling kirim kabar lewat sosial media atau chat di aplikasi yang tersedia.

2. Buat Acara Kumpul Seperti Arisan, Liburan, Atau Kegiatan Sosial Bareng

Walau hanya seminggu sekali, sebulan sekali, bahkan beberapa bulan sekali. Tetap usahakan untuk bertemu dengan sahabat-sahabatmu, ya. Misalnya, kalian bisa membuat acara kumpul bersama, seperti arisan khusus sahabat atau acara kumpul keluarga saja. jadi, kamu juga bisa membawa anak-anak atau pasangan untuk ikut kumpul.

Syukur jika acara kumpul bersama itu bisa dialihkan pula pada kegiatan positif yang bisa dilakukan bersama teman-temanmu. Seperti menyantuni anak yatim piatu, kegiatan sosial di panti jompo, kumpul-kumpul kegiatan literasi, pengajian atau hal lainnya.

Pokoknya, kamu dan sahabat-sahabatmu bisa saling berkomunikasi secara langsung, bercerita banyak hal dan saling berbagi kisah hidup bersama.

3. Jangan Ragu Untuk Saling Menolong Saat Sahabatmu Butuh Bantuan

Salah satu fungsi persahabat yang solid, bukan hanya kumpul-kumpul untuk bersenang-senang saja. namun, juga saling mensupport satu sama lain dan tidak ragu untuk saling menolong. Itu pula termasuk salah satu cara untuk bisa mempertahankan hubungan persahabatan kalian, yaitu selalu ada untuk sahabat kala susah dan senang.

Meski kamu sibuk, saat ada sahabatmu yang butuh bantuan, maka usahakan untuk bekerja sama saling membantu sesame teman. Jangan hanya mau kumpul saat senangnya saja, lalu menghilang saat ada teman yang kesulitan.

4. Berkunjung di Waktu Tertentu, Misal Saat Hari Raya Atau Liburan

Momen seperti idul fitri adalah waktu yang sangat baik untuk saling mengunjungi teman-teman dan sahabatmu. Kamu bisa membawa seluruh keluargamu untuk berkeliling ke rumah sahabat-sahabatmu untuk menjalin sillaturahmi sekaligus bermaaf-maafan.

Jadi jangan sampai kamu melewatkan momen seperti liburan, idul fitri/adha, atau natalan untuk berkunjung ke rumah sahabatmu atau renuian bersama. Apalagi, biasanya di momen itu, kamu punya waktu libur yang cukup panjang dan cukup untuk bisa bertatap muka dengan sahabat-sahabatmu lagi.

5. Ketika Membuat Acara Jangan Lupa Mengundang Sahabat dan Teman-Temanmu

Kamu pasti punya momen yang paling penting dan berharga dalam hidupmu. seperti ulang tahun, pernikahan, akikahan anak, syukuran dan lain sebagainya.

Nah, saat kamu membuat acara yang cukup wah maupun privasi. Sahabat yang paling penting dan sangat berpengaruh dalam hidupmu, jangan lupa untuk diundang ya. Meski mereka nantinya datang atau tidak (misal sangat sibuk/rumahnya cukup jauh dan tidak terjangkau), setidaknya kamu sudah menunjukkan itikad baik dengan tidak lupa mengundang sahabat sendiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.