Take a fresh look at your lifestyle.

Jangan Menghina Seseorang, Tanpa Kamu Tahu Perjuangan Yang Telah Dilewatinya

Lebih Baik Diam Saja, Karena Gunjinganmu Justru Menjadi Doa, Saat Nantinya, Apa Yang Kamu Gunjingkan Menimpa Hidupmu Sendiri

Jangan menghina seseorang
1 223

Setiap orang punya kondisi dan takdirnya masing masing dalam kehidupan. Dan kita tidak punya hak apapun untuk menilai mereka atau menjudge sesuka hati, hanya karena kehidupan orang lain terasa berbeda. Apalagi, saat kamu tak pernah benar benar tahu seberapa banyak perjuangan dan pengorbanan yang telah mereka lakukan. Seberapa besar rasa sakit dan kehilangan yang telah mereka lewati. Dan seberapa banyak luka yang sudah mereka rasakan.

Kamu tak tahu apa apa  dan tak akan pernah tahu, sebelum Tuhan sendiri membuka matamu lebar lebar atau membuatmu dalam kondisi seseorang yang kamu gunjingkan. Jadi, lebih baik diam saja, lebih baik jaga omonganmu, lebih baik tak perlu terlalu ikut campur saat tak ada yang mengundangmu. Lebih baik pula urusi saja hidupmu sendiri. Fokus saja membahagiakan dirimu sendiri daripada sok tahu soal kehidupan orang lain. Apalagi sekedar menerka, hingga menfitnah yang bukan bukan.

Tidak Perlu Merasa Tak Baik Baik Saja, Hanya Karena Dia Dalam Kondisi Yang Berbeda Denganmu. Setiap Orang Cukup Dengan Takdirnya Masing Masing.

Apakah dia pernah mengnggu kehidupanmu sebelumnya, hingga membuat hidupmu tak baik baik saja? Bahkan mengenalnya saja belum tentu, tapi dengan pongah mengatakan seolah olah kamu tahu apapun soal dirinya, mulai dari detail terburuknya hingga kesalahan kesalahannya. Aneh, hanya karena kondisinya mungkin lebih baik dari dirimu, kamu bermain playing victim. Atau saat kondisinya lebih buruk darimu, kamu mengatakan bahwa itu karma baginya. Padahal sedikitpun tak pernah ada urusannya denganmu.

Tuhan sudah menciptakan kehidupan manusia sesuai dengan takdirnya masing masing. Sehingga kamu tak perlu sok tahu soal kehidupannya, begitupun dia tak peduli soal kehidupanmu. Cukup urus saja masalahmu sendiri, jangan hanya berplaying victim untuk mendapatkan simpati orang lain.

Lebih Baik Diam Saja, Karena Gunjinganmu Justru Menjadi Doa, Saat Nantinya, Apa Yang Kamu Gunjingkan Menimpa Hidupmu Sendiri

Lebih baik dan akan bijak, jika memang kamu tak tahu apa apa adalah dengan diam saja. kamu boleh bersimpati akan kehidupan orang lain, namun bersimpatilah dengan cara yang baik, bukan menjudge, menggunjingkan atau mengolok seseorang. Entah itu benar atau salah, biarkan itu menjadi urusan orang tersebut dengan Tuhan dan kehidupannya.

Jangan sampai, justru gunjinganmu berbalik padamu. Dan membuatmu dalam kondisi seperti dirinya. Merasakan pengorbanan dan perjuangan yang harus dia lewati untuk bertahan. Percayalah, kamu belum tentu bisa melewatinya dan bangkit, bahkan bisa jadi  dirimu akan terjerumus dalam keputus asaan.

Padahal Hidup Ini Sederhana, Jangan Menjudge Seseorang, Jika Kamu Tak Mau Bernasib Sama Lewat Karmamu Nanti

Jangan menanam keburukan, jika kamu tak mau menuainya. Jangan menunggu kehidupanmu jadi sulit dan putus asa, baru sadar kesalahanmu pada orang yang kamu gunjingkan. Kamu tak pernah tahu segala situasi yang terjadi, kamu hanya berpraduga karena mendengarkan omongan sepihak dan lebih memberatkannya. Barulah nanti, kamu sadar, saat kamu sendiri melewati posisi seperti orang yang kamu gunjingkan. Barulah kamu menangis dan sadar akan dosa dosamu sebelumnya.

Karma itu ada, dan dia hadir sesuai bagaimana kamu sendiri menabungnya. Cukup diam saja, atau menghindari gunjingan dan ghibahan, karena saat karma menghampirimu, belum tentu kamu kuat menanggungnya.

Apalagi, Belum Tentu Orang Yang Kamu Gunjingkan Seburuk Yang Kamu Pikirkan. Bisa Jadi, Dia Hanya Berusaha Menjalani Takdir Dan Hidupnya Sebaik Mungkin.

Tuhan sudah mengatur mungkin kaadar ujian dan cobaan pada diri manusia. Kamu belum tentu bisa melewati ujian yang sama seperti yang Tuhan berikan pada orang lain. Cobalah, daripada sibuk menjudge, berikan dukungan atau diam saja itu jauh lebih baik. Kamu tak tahu kondisi sebenarnya yang terjadi, sebelum benar benar merasakannya sendiri. Jadi belajarlah berpikir positif dan tidak mudah termakan fitnah. Karena biasanya orang yang sibuk mengajak keburukan seperti menggunjing seseorang, justru lebih buruk dari yang digunjingkan.

  1. […] Jangan sampai karma datang baru kamu menyesali apa yang sudah kamu perbuat. Jangan sampai ujian dan cobaan ternyata menghampirimu dan menyadarkanmu, tentang begitu buruknya hinaan yang sempat kamu lontarkan sebelumnya. Intinya jangan menghina seseorang tanpa kamu tahu perjuangan yang telah dilewatinya. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page