Take a fresh look at your lifestyle.

5 Hal Sepele Ini Membuat Rumah Jadi Mudah Kotor Tanpa Disadari

jika ingin rumah benar benar bersih sepanjang hari, perhatikan dan jangan abaikan 5 hal sepele yang membuat rumahmu menjadi mudah kotor

Hal Sepele Ini Membuat Rumah Jadi Mudah Kotor via pexels.com
0 10

Rumah bersih, nyaman dan indah pasti adalah idaman setiap keluarga yang tinggal di dalamnya. Khususnya bagi ibu rumah tangga yang pada umumnya bertugas untuk memastikan dan mengatur kebersihan dalam rumah. Bisa mempersembahkan rumah yang bersih dan wangi untuk suami dan anak anak, pasti menjadi kebanggaan sendiri bagi setiap istri dan ibu rumah tangga.

Namun, ternyata ada beberapa hal yang sering tidak disadari yang bisa menjadikan rumah yang susah payah dibersihkan menjadi kotor kembali dengan mudah. Padahal hal itu adalah masalah sepele dan sering diabaikan yang terjadi dalam kehidupan sehari hari. Cobalah, jika ingin rumah benar benar bersih sepanjang hari, perhatikan dan jangan abaikan 5 hal sepele yang membuat rumahmu menjadi mudah kotor.

1. Jendela Dan Pintu Yang Terlalu Lama Terbuka Akan Mengundang Debu Untuk Masuk Kedalam Rumah

Jangan mengabaikan jendela dan pintu yang terlalu lama terbuka, karena angin pasti akan membawa debu halus masuk kedalam rumah. Dan jika dibiarkan, maka debu itu akan menumpuk dan membuat rumah menjadi kotor. Apalagi jika kamu tinggal di perumahan yang memang linkungannya agak gersang dan mudah berdebu. Tentu saja, saat kamu membiarkan pintu dan jendelamu terbuka terlalu lama, maka akan semakin mudah lantai rumahmu kotor.

Cukup bukalah pintu dan jendela di pagi hari untuk mempermudah pergantian udara dan oksigen masuk ke dalam rumah. Setelah diatas jam 8 atau 9 pagi, atau udara terasa cukup panas, segera mungkin menutupnya, agar tidak ada debu dari luar yang beterbangan masuk ke dalam rumah.

2.  Kebiasaan Tidak Membasuh Kaki Yang Kotor, Ketika Akan Masuk Kedalam Rumah

Kaki adalah tempat berpijak yang sering menjadi tempat debu menempel tanpa disadari. Meskipun kadang terlihat bersih, namun pasti tetap ada debu yang menempel disana. Sehingga disarankan sebelum masuk rumah, cuci kaki terlebih dahulu dan basuh sampai kering. Memang hal ini akan sulit dibiasakan khususnya anak anak yang dalam fase asyik bermain. Namun jika sering diingatkan dan ditegur, akan anak anak jadi lebih terbiasa dan bahkan disiplin soal masalah kebersihan.

Apalagi jika sering beraktivitas diluar ruangan, maka kemungkinan besar banyak kotoran dan debu yang akan menempel di kaki dan bisa menjadikan rumah kotor. Sehingga bersihkan dulu kakimu dan keluargamu dan keringkan, sebelum masuk kedalam rumah.

3. Remahan Makanan Yang Tanpa Disadari Tercecer Dan Sering Makan Di Sembarang Tempat

Misal saat akan menonton televise, belajar atau kegiatan apapun, kita sering kali mengambil snack ringan atau roti untuk menjadi teman cemilan saat melakukan aktivitas. Saat makan, tanpa sadar remahan makanan terjatuh dan membuat rumah semakin kotor tanpa disadari dan lebih sulit untuk dibersihkan. Apalagi saat remahan roti atau snack terjejer di sofa atau tempat tidur.

Oleh sebab itu usahakan untuk berhati hati saat makan, bersihkan segera sofa atau tempat belajar setelah makan. Dan kurangi makan makanan di sembarang tempat. Disiplinkan diri untuk mengusahakan makan di ruang makan dan selalu membersihkan bekas makanan termasuk remahannya.

4. Hewan Seperti Kecoak dan Tikus Dalam Rumah Tangga Yang Sering Berseliweran di Dalam Rumah.

Bagaimanapun hewan seperti tikus dan kecoak adalah hewan rumahan yang tak asing untuk kita temui. Namun, keberadaannya sangat menganggu, sering membawa penyakit dan kotoran, apalagi saat kita abai. Hewan itu pasti berasal dari tempat kotor baik selokan atau luar rumah, yang bukan hanya membawa debu, tapi juga penyakit dan kuman menempel di badannya.

Sehingga, pastikan rumah bersih dari hewan hewan tersebut dengan menutup segala kemugkinan masuknya hewan itu kedalam rumah. Seperti segera membersihkan sisa makanan yang ada, membersihkan peralatan dan bekas memasak dan hal lainnya yang sering mengundang hewan tersebut untuk masuk kedalam rumah. Jika perlu, tidak ada salahnya memasang perangkap agar hewan hewan itu tak masuk lagi ke dalam rumah.

5. Rasa Enggan Dan Malas Untuk Membersihkan Rumah Sehingga Kotoran Akan Semakin Menumpuk

Untuk masalah kebersihan rumah, akan lebih baik jika dikomunikasikan bersama pasangan dan anak anak untuk saling berbagi tugas. Agar pekerjaan membersihkan rumah tidak sampai terbengkalai karena malas, enggan dan capek. Justru hal ini bisa menjadi tanggung jawab bersama dan melatih anak anak untuk menjadi disiplin dalam menjaga kebersihan rumah.

Karena membiarkan rumah dalam keadaan kotor terlalu lama, pasti akan mengundang berbagai masalah dan penyakit baru, salah satunya kehadiran hewan kotor masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, untuk para istri dan ibu, jangan takut untuk mengkomunikasikan dengan suami jalan keluar terbaik. Pastilah, suami pun akan berupaya membantumu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan anggota keluarga sebaik mungkin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page