Take a fresh look at your lifestyle.

6 Cara Mengatasi Rasa Khawatir Atau Gelisah Yang Tiba-Tiba Hadir Dalam Pikiranmu

Yakini Saja, Semisteri Apapun Masa Depan. Kamu Pasti Bisa Melewatinya Dengan Baik

Aku Ingin Menua Bersamamu
0 45

Pernah tidak tiba-tiba kamu merasa gelisah. Ada ketakutan atau kekhawatiran yang kamu rasa meski kamu tidak tahu alasan pemicunya, semisal tiba-tiba khawatir bagaimana mendapatkan rejeki di masa depan nanti, ada ketakutan kamu akan kehilangan pekerjaan yang sekarang kamu geluti atau bagaimana nasib dirimu atau anak-anakmu kelak.

Perasaan gelisah seperti ini hadir, karena kamu terlalu banyak memikirkan hal yang sebenarnya belum terlalu penting kamu pikirkan sekarang. Anganmu terlalu jauh, sehingga membuat kamu overthinking pada masa depanmu sendiri. Padahal, meski masa depan memang tidak pasti, tapi kamu masih bisa menyiapkan semua bekalnya sekarang.

Bisa juga, perasaan gelisah dan khawatir itu hadir, karena kamu mempunyai masalah yang belum ada solusinya. Sehingga membuat kamu kepikiran atau ketakutan sendiri. Kamu dihadapkan pada ketidakpastian, karena itu mudah overthinking dan merasa tidak nyaman.

Nah, untuk kamu yang mengalami kegelisahan-kegelisahan seperti ini. Coba tenangkan diri lagi dengan 6 cara ini.

1. Yakini Saja, Semisteri Apapun Masa Depan. Kamu Pasti Bisa Melewatinya Dengan Baik

Pertama adalah meyakinkan diri apapun yang terjadi di masa depan nanti, kamu bisa melewatinya dengan baik seperti yang selama ini sudah kamu usahakan. Apalagi, jika mulai sekarang kamu sudah menyiapkan bekal, seperti tabungan, investasi, asuransi kesehatan dan masa depan, serta kebaikan-kebaikan yang kamu tanamkan.

Meski, jalan di masa depan nanti sulit. Kamu tiba-tiba harus kehilangan pekerjaan, pegangan sampai sandaran hidup. Percayalah, hidupmu akan tetap baik-baik saja. Jadi, daripada gelisah karena mencemaskan hal yang belum tentu terjadi, lebih baik fokus jalani hari ini sebaik mungkin. Anggap saja itu sebagai tabungan untuk masa depanmu kelak.

2. Fokus, Sibuk, Nikmati dan Jalani Kesempatan dan Kebahagiaan Yang Kini Kamu Rasa Daripada Overthinking

Jika sekarang kamu masih mendapatkan kesempatan bekerja, maka bekerjalah sebaik mungkin. Saat sekarang kamu masih muda, lebih bertenaga dan enerjik, maka gunakan kesempatan itu untuk terus menjadi lebih baik. Jika sekarang, kamu sedang bahagia dan menikmati hidup, maka gunakan kesempatan itu untuk menjaga dan merawat kesehatan diri.

Setiap orang punya momen, ada waktunya kamu di atas, kadang kamu harus bersabar saat terjatuh di bawah. Namun, dengan focus, sibuk dalam menikmati dan menjalani kesempatan yang kini kamu rasa. Setidaknya membuat kamu tidak terlalu overthinking pada masa depanmu nanti.

3. Uraikan Rasa Khawatir Dengan Curhat Atau Menuliskannya

Jangan khawatir, tiba-tiba merasa gelisah adalah hal yang manusiawi dan bisa terjadi pada siapa saja. Karena itulah, kamu selalu diminta untuk berdoa dan berserah, juga menguraikan segala kegelisahan dalam hatimu lewat doa-doa yang kamu panjatkan. Mintalah ketenangan, kesabaran dan kekuatan pada Tuhanmu. Dan lihatlah kamu akan jadi lebih tenang setelahnya.

Selain itu, kamu juga bisa mencurhatkan segala kekhawatiran yang kamu rasa pada pasangan hidupmu. Biarkan dia menenangkan kamu dan memberikan kekuatan lewat pelukan. Dengan begitu, kamu bisa tenang dan bersamanya kamu merasa mampu menghadapi semuanya dengan lebih mudah.

Jika kamu masih sendiri atau belum punya pasangan. Kamu juga bisa menuliskan segala kegelisahan yang kamu rasa, menguraikannya dan mencari solusi. Bahkan kamu juga bisa berkonsultasi dengan ahli atau teman yang kamu percaya. Setidaknya dengan mengeluarkan uneg-uneg atau kegelisahan yang kamu rasa. Hatimu akan lebih terasa plong dan tenang.

4. Meditasi Atau Menepi Sejenak Dari Keramaian

Meditasi adalah salah satu sarana yang sering digunakan untuk menghilangkan kecemasan dan kekhawatiran yang tiba-tiba hadir. Saat kamu punya waktu untuk sendiri. Maka carilah tempat yang nyaman, sejuk dan kondusif untuk merenung juga meditasi.

Dengan merenungkan hidup yang sudah kamu lalui. Percayalah hatimu akan lebih tenang dan bersyukur, karena terbukti sampai hari ini, kamu sudah melewati semuanya dengan baik.

5. Terimalah Dirimu Apa Adanya, Termasuk Kelebihan dan Kekurangan Yang Kamu Punya

Dengan lebih mengenali dan menerima diri sendiri, kamu juga akan lebih tenang dalam mengambil setiap langkah dan sikap dalam hidup. Sebab kamu sadar kekurangan yang kamu punya, begitupun kelebihan yang kamu miliki. Kamu sadar dan tahu bagaimana memperbaiki kekurangan dan mengasah kelebihan.

Sehingga apapun yang terjadi di masa depanmu nanti, kamu bisa bertahan dengan segala kelebihan maupun kekurangan yang kamu punya.

6. Berdoa dan Berprasangka Baik

Selanjutnya, kegelisahan yang terjadi karena kamu mengisi pikiranmu dengan kecemasan, kekhawatiran dan praduga yang bukan-bukan. Kamu takut ini dan itu. kamu terlalu khawatir dan bingung bagaimana menghadapinya nanti.

Sehingga solusi terbaiknya adalah mengeyahkan segala pikiran buruk dan tetap berprasangka baik. yakin dengan doa dan usaha yang kamu ikhtiarkan sekarang. Masa depanmu bisa kamu tata, sehingga saat ada masalah yang terjadi pun, kamu tidak sampai kehilangan pijakan untuk tetap melangkah.

***

Percayalah, merasa tiba-tiba gelisah bukanlah menjadi masalah. Masalahnya baru terjadi, jika kamu terlalu memikirkannya sampai lupa menikmati juga mensyukuri kebahagiaan dan bekerja keras hari ini karena terlalu memikirkan masa depan yang tak pasti.

Leave A Reply

Your email address will not be published.