Take a fresh look at your lifestyle.

Lingkunganmu Membentuk Karaktermu, Maka Berhatilah-Hatilah Dalam Berteman

Teman Yang Baik Memang Tidak Bisa Dilihat Dari Penampilan, Tapi Bisa Dipastikan Dari Karakternya Saat Bersamamu.

Apapun yang Kamu Perjuangkan Allah Beri Kelancaran
0 29

Istilah, “Seperti itu temanmu, maka seperti itulah dirimu” memang benar adanya dan sudah terbukti nyata. Sebab tanpa sadar, apa yang kamu lihat, dengar dan rasakan setiap hari dalam hidup, akan membentuk pribadi dan karaktermu.

Sehingga, semakin banyak kamu bertemu dan berinteraksi dengan lingkungan yang salah. Maka, lama kelamaan juga akan membawamu dalam pusaran kehidupan yang salah pula.

Sebaliknya, saat kamu berusaha untuk membiasakan diri untuk dekat dengan lingkungan yang baik. Maka, itu juga akan membentuk karaktermu menjadi lebih baik lagi setiap harinya.

Hal ini bukan bermaksud untuk memintamu pilih-pilih dalam berteman. Tapi, hanya ingin agar kamu lebih memfilter pertemanan yang kamu punya, khususnya menghindari teman yang membawa pengaruh buruk dan toxic.

Pilihlah teman yang baik, yang selalu mengingatkanmu soal kebaikan dan ketulusannya mampu mengeluarkanmu dalam lingkaran kehidupan yang salah. Bersama mereka, kamu bisa menjadi dewasa dan lebih baik, tanpa perlu merasa menyesal terlebih dahulu sebelumnya.

Sebaik Atau Setulus Apapun Temanmu. Saat Dia Mendekatkanmu Pada Hal Buruk. Lebih Baik Ingatkan Atau Hindari.

Pernah tidak, kamu bertemu atau mendapatkan teman yang sebenarnya baik, tapi mendekatkanmu pada hal yang buruk?

Dia tulus, tidak bermuka dua, teman curhat yang handal, bahkan bersamanya, dia seolah menjagamu dari hal buruk, meski dia sendiri orangnya tak beres, ‘blangsak’ atau urakan.

Sebenarnya tak masalah, jika kamu ingin berteman dengan mereka. Namun, jika kamu tak kuat. Maka, lama – kelamaan kamu akan tergoda untuk hidup seperti mereka. Kamu kalah, apalagi saat mendapatkan masalah. Godaan hidup urakan, tak tahu aturan, minuman keras, bahkan narkoba menarikmu untuk ikut mencobanya.

Sehingga akan lebih baik, jika sejak awal kamu menghindari mereka atau cukup hanya berinteraksi tanpa terlalu akrab. Justru, jika memang kamu peduli. Selalu ingatkan dan arahkan mereka pada hal-hal yang baik dan benar. Sehingga akan ada dua hal yang mungkin terjadi. Mereka terketuk untuk berubah atau mereka menghindarimu karena gerah kamu ingatkan. Dan saat mereka memilih menghindarimu, tandanya mereka memang bukan teman yang baik.

Teman Yang Baik Memang Tidak Bisa Dilihat Dari Penampilan, Tapi Bisa Dipastikan Dari Karakternya Saat Bersamamu.

Sedikit banyak, kamu pasti bisa tahu karakter dan watak dari teman yang kamu punya. Bahkan, kamu punya feeling, pada teman yang bermuka dua, teman yang ’ember’ atau suka mengumbar aib dan gosip, hingga teman yang benar-benar tulus ada padamu.

Nah, agar kamu bisa menjaga diri, maka sekali lagi gunakan feeling itu saat berinteraksi dengan teman yang ada disekitarmu. Saat kamu bertemu teman yang bermuka dua. Sebisa mungkin menghindarlah dari dia, karena bisa jadi kehadirannya hanya untuk mengompori kamu untuk membenci seseorang atau justru mencari kelemahan kamu. Jika kamu bertemu teman tukang gosip dan gibah, maka jelas jangan pernah ceritakan masalah kamu sama dia dan menghindarlah darinya agar tidak ikutan menggosip atau menggibahi seseorang.

Justru Berteman dan Dekatilah Orang-Orang Yang Selalu Mengingatkanmu dan Tegas Tak Membelamu Saat Kamu Salah.

Manusia itu sangat mudah khilaf dan tersesat. Sangat mudah tergoda, meski dirayu ataupun tidak. Sangat mudah terlena, padahal sadar itu adalah hal yang salah.

Sehingga, kamu butuh orang dan lingkungan yang kondusif. Teman yang tidak ragu dalam mengingatkanmu, tidak segan untuk tidak membelamu saat kamu salah, tapi membelamu mati-matian saat kamu benar dan tersakiti.

Apalagi, saat lingkungan itu juga membentuk karaktermu. Dengan memiliki teman-teman yang baik disekitarmu. Maka, otomatis karaktermupun akan berubah menjadi lebih baik dan pikiranmu diajak untuk lebih dewasa dalam melihat segala hal, juga situasi.

Tak Lupa Isilah Hidupmu Dengan Lingkungan Positif yang Mengingatkanmu Untuk Selalu Bersyukur

Lingkungan memang akan mempengaruhimu. Sehingga saat kamu sadar lingkungan itu membawa pengaruh yang buruk, maka lebih baik hindarilah. Sedang saat lingkungan itu memberikan hal yang positif, juga orang-orang yang mengingatkanmu akan rasa syukur, maka dekati dan bergaullah dengan mereka.

Sebab bersama orang-orang yang baik, kamu juga bisa menghabiskan hidup dan harimu dengan hal yang lebih bermanfaat. Kamu pun akan menjadi lebih dewasa, tanpa harus tercebur dahulu dalam hal yang salah. Kamu bisa berbagi banyak kebaikan dan menemukan kebahagiaan sederhana yang selama ini kamu cari.

Terpenting, teman dan lingkungan itu membuatmu sadar, bahwa hidup ini berharga dan membahagiakan. Hidup ini harus kamu syukuri dengan bekerja keras dan tidak boleh menyerah untuk terus berubah menjadi lebih baik Apalagi, saat kamu melihat dan tahu ada banyak orang bersamamu, juga mendukung langkahmu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.