Take a fresh look at your lifestyle.

6 Bentuk Self-Care Yang Harus Kamu Terapkan. Supaya Kamu Merasa Berharga Dan Tidak Mudah Diremehkan

Tetap Merasa Baik-Baik Saja Meski Belum Bisa Memenuhi Ekspektasi Seseorang

Belajarlah Dari Kesalahan Masa Lalu
0 0

“Jangan terlalu membenani diri sendiri, ingat hidup ini untuk dinikmati bukan selalu dikeluhkan”

Jika bukan kamu sendiri yang lebih peduli pada tubuhmu juga dirimu, lalu siapa lagi? Berharap pada orang lain seperti pasangan atau keluarga pun, terkadang masih mengecewakan dan membuat kamu terluka, meski mereka tidak sadar sedang melukai kamu.

Apalagi, yang tahu detail kebutuhan serta kebahagiaan apa saja yang kamu perlukan. Tentu saja, hanya dirimu sendiri yang lebih memahaminya. Karena itu, dalam menjalani hidup, kamu harus pandai-pandai untuk self-care atau merawat dirimu sendiri dengan sebaik-baiknya.

Jangan mudah bergantung pada orang lain dan tetap mengandalkan diri sendiri, khususnya untuk kesehatan mental juga kewarasanmu. Selain itu supaya kamu tidak mudah diremehkan oleh siapa saja sekaligus lebih merasa berharga selama menjalani hidup.

Dan inilah 6 bentuk self-care yang harus kamu terapkan saat menjalani kehidupan sehari-hari. Percayalah, semakin sering kamu melakukannya, kamu akan lebih bahagia.

1. Memberi Apresiasi Pada Dirimu Sendiri

Apresiasi atau penghargaan, tidak perlu menunggu dari orang lain. Kamupun bisa mengapresiasi dirimu sendiri dengan merasa bangga atas hasil atau pencapaian yang kamu miliki. Meski, di mata orang lain apa yang kamu lakukan terlihat remeh atau biasa saja. Tapi, tetap saja, jika bukan kamu yang melakukannya lalu siapa lagi.

Misalnya, saja kamu mengapresiasi diri saat berhasil bertahan dalam suka dan duka sampai sekarang. Kamu mengapresiasi diri, ketika bisa melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab kamu dengan baik. kamu mengapreasiasi dirimu, ketika berhasil melayani suami dengan baik, mengurus anak-anak dan melihat perkembangan mereka.

Kamu bisa melakukan itu dengan meletakkan perasaan bangga, sekaligus mengucapkan terimakasih dengan tulus pada dirimu sendiri.

2. Berhenti Terlalu Keras Dengan Tubuhmu Sendiri

Bekerja dengan keras adalah hal yang penting. Namun terlalu memforsir diri adalah hal yang salah sekaligus membahayakan kesehatan. Karena itu, saat kamu memang peduli pada dirimu sendiri atau self-care, maka bekerjalah secukupnya dan jangan lupa untuk istirahat sebagaimana yang tubuhmu perlukan.

Apalagi, dalam kehidupan rumah tangga, pekerjaan tidak akan ada habisnya dan selalu monoton. Karena itu, kamu tidak perlu terlalu keras pada tubuhmu sendiri. Berikan waktu untuk istirahat yang cukup, baru kemudian melanjutkan pekerjaan lagi.

Jika memang kamu rasa pekerjaanmu terlalu berat dan melelahkan, kamu bisa berbicara dengan pasangan dan mencari solusinya bersama-sama. Intinya, kamu harus tetap sehat baik secara fisik atau mental.

3. Jangan Melupakan Me Time Dengan Hal-hal Yang Menyenangkan

Selanjutnya, meski sesibuk apapun kamu dengan segala rutinitas dan pekerjaan. Jangan lupa untuk menyisihkan waktu buat me time dan melakukan aktivitas yang menyenangkan. apalagi, jika aktivitas itu bermanfaat juga.

Misalnya saja dengan mengerjakan hobi, berbelanja, melakukan perawatan tubuh, atau sekedar nonton film favorit atau kesukaan. Intinya dari 24 jam yang kamu punya, meskipun hanya 1-2 jam kamu tetap menyisihkan waktu untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan sekaligus menenangkan buat kamu sendiri.

Untuk melakukan hal ini, tentu saja kamu harus bekerjasama dengan pasangan, supaya kalian bisa saling bagi tugas bersama dan bisa punya me time masing-masing.

4. Berhenti Merasa Terlalu Khawatir Pada Masa Depan

Perasaan tiba-tiba cemas atau khawatir pada kehidupan masa depan, terkadang bisa muncul kapan saja. Kamu merasa takut dan mulai berprasangka buruk soal hari esok. Apalagi, saat usia semakin menua, produktivitas terus berkurang, ancaman pemutusan hubungan kerja terlihat di depan mata. Sedang anak-anak masih kecil dan butuh banyak biaya.

Meski sekarang, kamu sebenarnya masih punya pekerjaan yang baik serta cukup. Perasaan takut itu terkadang masih muncul. Karena itulah, salah satu bentuk self-care untuk menghilangkan kecemasan yang bisa kamu lakukan adalah dengan mulai mempersiapkan diri dengan segala yang terbaik sekarang.

Bekerjalah dengan lebih baik, supaya orang semakin  percaya pada dirimu. Belajarlah lebih banyak pada hal baru dan mulai bangun usaha atau investasi yang menguntungkan. Jadi kamu tidak terlalu khawatir pada masa depan nanti. setidaknya karena sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang.

5. Ikhlaskan dan Tutup Masa Lalumu Sepenuhnya

Hal yang bisa mencegah kamu untuk bergerak maju, adalah saat kamu sendiri masih terjebak di masa lalu. Padahal yang sudah terjadi tidak bisa diulangi, hanya bisa diperbaiki dan diambil pelajarannya. Karena itu, belajarlah terus untuk mengikhlaskan apa yang sudah terjadi dan tutup masa lalumu serapat mungkin.

Yang harus kamu pikirkan sekarang adalah masa depan, anak-anak,  keluargamu dan apa yang akan menantimu. Jadi, jangan sampai masa lalu menjadi penghalang kemajuanmu karena masih belum ikhlas atau memikirkannya.

6. Tetap Merasa Baik-Baik Saja Meski Belum Bisa Memenuhi Ekspektasi Seseorang

Jangan pernah merasa menyesal saat kamu berkata “tidak” pada seseorang, karena memang kamu tidak bisa melakukannya atau menurutmu itu bukan hal baik untuk dilakukan. Bagaimanapun hidupmu bukan untuk memenuhi ekspektasi orang lain. Jika memang kamu tidak bahagia melakukannya, maka tidak perlu kamu lakukan.

Banggalah dengan pilihan dan jalan hidup yang kamu miliki dengan bertanggung jawab sepenuhnya, bekerja keras dan melakukan hal yang terbaik.

Mau orang lain suka atau tidak, itu bukanlah urusanmu. Toh, tidak penting juga memikirkan mereka. Jadi tidak perlu sedih saat ada orang yang terang-terangan atau diam-diaman tidak menyukai kamu. biarkan saja dan focus menikmati hidup yang kamu punya

Leave A Reply

Your email address will not be published.