Take a fresh look at your lifestyle.

Allah Selalu Memberi Senyuman di Balik Kesedihan Dan Harapan di Balik Putus Asa

Setelah kesedihan ada kebahagiaan via pexels.com
0 312

Seringkali kita berputus asa tatkala mendapatkan kesulitan atau cobaan. Padahal Allah telah memberi janji bahwa di balik kesulitan, pasti ada jalan keluar yang begitu dekat. Dalam surat Alam Nasyroh, Allah Ta’ala berfirman,

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 5)

Pelan-pelan Saja Memahami Apa yang Kamu Alami, Pasti Pada Akhirnya Kamu Mengerti Hikmah Dibaliknya

Semua yang Allah restu terjadi pasti memiliki alasan kebaikan yang luar biasa, maka jika yang kamu alami saat ini masih buruk menurutmu, tetaplah percaya bahwa nanti pasti akan ada kebaikan yang akan Allah persembahkan. Pelan-pelan saja memahami apa yang sedang kamu alami, tidak usah banyak mengeluh, tidak usah banyak bertanya, tunggu kabar baik dari Allah, karena pasti pada akhirnya kamu mengerti hikmah baik apa yang ada dibaliknya.

Kamu harus mampu mengendalikan hatimu, jangan gegabah merasa tidak senang dulu, karena biasa jadi disitulah yang kamu butuhkan tengah Allah sandingkan. Bukankah selama ini kamu meminta banyak kebaikan kepada Allah? maka bisa jadi apa yang sedang kamu alami adalah pembuka kebaikan yang memang kamu minta.

Pada Akhirnya Kau Akan Mengerti Siapa yang Mencintaimu Dengan Sepenuh Hati.

Tak ada yang paling rugi kecuali orang yang suka menyia-nyiakan. Karena yang disia-siakan selalu hal-hal yang baik bahkan terbaik. Sungguh rugi ketika seseorang tak dapat merasakan ketulusan sehingga ketulusannya hanya disia-siakan. Maka kelak ketika kau kehilangan dia yang begitu tulus mencintaimu maka kau akan merasakan bahwa dia yang kamu sia-siakan memiliki cinta yang tulus untukmu. Namun sayangnya kau tidak bisa memutar waktu untuk kembali kepada masa itu.

Setelah kesedihan ada kebahagiaan
Setelah kesedihan ada kebahagiaan via pexels.com

Kenapa kau baru menyadari ketulusan cintaku setelah aku memutuskan untuk pergi meninggalkanmu. Seandainya saja kau lebih dulu menyadari mungkin cerita ini akan berbeda. Mungkin kau tidak akan menyesal karena selama ini kau telah menyia-nyiakanku. Dan pastinya aku akan merasa sangat bahagia jika kau menyadari sebelum aku beranjak pergi.

Rahasia Mengapa di Balik Kesulitan, Ada Kemudahan yang Begitu Dekat

Ibnu Rajab telah mengisyaratkan hal ini. Beliau berkata, “Jika kesempitan itu semakin terasa sulit dan semakin berat, maka seorang hamba akan menjadi putus asa dan demikianlah keadaan makhluk yang tidak bisa keluar dari kesulitan. Akhirnya, ia pun menggantungkan hatinya pada Allah semata. Inilah hakekat tawakkal pada-Nya. Tawakkal inilah yang menjadi sebab terbesar keluar dari kesempitan yang ada. Karena Allah sendiri telah berjanji akan mencukupi orang yang bertawakkal pada-Nya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya.” (QS. Ath Tholaq: 3).” Inilah rahasia yang sebagian kita mungkin belum mengetahuinya. Jadi intinya, tawakkal lah yang menjadi sebab terbesar seseorang keluar dari kesulitan dan kesempitan.

Ya Allah, jadikanlah kami termasuk golongan orang yang sabar dalam menghadapi setiap ketentuan-Mu. Jadikanlah kami sebagai hamba-Mu yang selalu bertawakkal dan bergantung pada-Mu. Amin Ya Mujibas Saa-ilin.

Referesni Artikel : rumaysho.com, Duapah.com dan Humairoh.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page